Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dijuluki Planet Neraka, Planet Ini Hampir Mirip Dengan Bumi

Dijuluki Planet Neraka, Planet Ini Hampir Mirip Dengan Bumi

Sebuah planet bebatuan yang diberi nama 55 Cancri e yang baru-baru ini ditemukan oleh para ilmuwan menjelaskan kalau planet tersebut memiliki kepanasan setidaknya mencapai 1.000 hingga 2.700 derajat celcius.

Planet bebatuan ini secara tidak sengaja ditemukan para ilmuwan saat mengamati tanda kehidupan di planet lainnya, diungkapkan sangat mirip dengan Bumi. Tetapi, dengan ukurannya yang besar diperkirakan memiliki ukuran dua kali hingga delapan kali masa Bumi, planet ini dijuluki sebagai Super Bumi.

Para astronom juga mengungkapkan bahwa tingkat panas yang dimiliki oleh 55 Cancri e ini, didapat dari tingkat aktivitas vulkanik permukaan planet. Panas yang tinggi tersebut, berdampak dengan warna planet yang terlihat kemerahan seperti halnya sebuah neraka, demikian dilansir dailymail.co.uk.

Para peneliti percaya bahwa variabilitas suhu yang meningkat, disebabkan oleh aktivitas gunung berapi yang ada dalam planet. Bahkan suhu tinggi planet tersebut diketahui lebih tinggi dari tingkat suhu yang dimiliki oleh Jupiter dan paling aktif secara geologis di jajaran tata surya lainnya.

"Kami melihat 300 persen sinyal perubahan yang datang dari planet ini, hal tersebut merupakan pertama kalinya kami melihat tingkat variabilitas tinggi dalam sebuah planet ektrasurya," kata Dr Brice-Olivier Demory dari Universitas Cavendish Laboratory.

Planet baru yang ditemukan ilmuwan ini, adalah salah satu bagian dari lima planet yang mengorbit sebuah bintang mirip matahari di konstelasi cancer. Berada pada jarak yang dekat dengan bintang induknya yang setahun berlangsung hanya 18 jam.

Namun, planet 55 Cancri e tidak memiliki pasang surut, tidak berputar seperti layaknya Bumi. Sehingga kemungkinan hanya ada sisi hari permanen, tanpa pergantian sisi lainnya seperti malam atau siang. 55 Cancri e juga masuk sebagai salah satu kandidat exoplanet berbatu yang perlu diamati.

Post a Comment for "Dijuluki Planet Neraka, Planet Ini Hampir Mirip Dengan Bumi"