Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Situs Makam Seorang Gadis Penyihir Asal Italia Berhasil Ditemukan Oleh Tim Arkeologi

Inilah Situs Makam Seorang Gadis Penyihir Asal Italia Berhasil Ditemukan Oleh Tim Arkeologi

Sebuah kerangka yang diperkirakan dari abab pertengahan di wilayah Italia Utara berhasil di temukan para arkeologi saat melakukan penggalian pada tahun lalu. Kerangka yang berjenis kelamin wanita ini diperkirakan berusia 13 tahun dan diduga adalah seorang penyihir.

Kerangka gadis kecil yang dijuluki gadis penyihir itu berada di sebuah kuburan dalam kompleks San Calocero di Albenga di Liguria Riviera oleh tim dari Institut Kepausan Kristen Arkeologi di Vatikan dan ditemukan tepat pada September 2014, demikian dilansir Digital Journal.

Tanah pemakaman tempat ditemukannya gadis itu berdiri tepat di situs tempat gereja berdiri. Makam tersebut diperkirakan dibangun pada abad kelima atau keenam Masehi. Antropolog Elena Dellù kepada Discovery News menyatakan bahwa gadis kecil yang diduga penyihir tersebut dimakamkan dengan posisi wajah menghadap ke bawah.

"Secara khusus, penguburan itu terkait dengan keyakinan bahwa jiwa roh meninggalkan tubuh melalui mulut. Mengubur jasad menghadap ke bawah adalah cara untuk mencegah jiwa orang yang meninggal mengancam kehidupan manusia," ujar Elena.

Para arkeolog bekerja selama setahun untuk menemukan alasan di balik masyarakat pada masa itu yang merasa sangat ketakutan hingga menguburkan jenazah gadis kecil itu dengan cara yang mengerikan. Gadis kecil dengan tinggi sekira lima kaki tersebut diduga meninggal karena kekurangan vitamin.

"Dia mungkin sangat pucat, anemia, dan menderita gejala lain dari penyakit kudis di bagian mulut dan kaki serta pendarahan mata. Anak itu mengalami kejang akibat epilepsi dengan kondisi mata menonjol, postur kaki yang berubah menyerupai katak," tambah Elena.

Ketakutan itu diduga membuat penolakan sosial dan penghinaan dari orang-orang sekitarnya, sehingga mereka menguburkan gadis malang itu dengan cara memposisikan wajahnya ke dalam tanah dan melabelinya dengan predikat penyihir.

Post a Comment for "Inilah Situs Makam Seorang Gadis Penyihir Asal Italia Berhasil Ditemukan Oleh Tim Arkeologi"