Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Penampakan Matahari Terbenam di Planet Merah

Inilah Penampakan Matahari Terbenam di Planet Merah

Sudah tiga tahun lamanya robot Curiosity berada di planet merah, sejak pada tahun 2012 Curiosity selalu mengirim informasi tentang aktivitas planet merah. Dan tentu saja informasi yang dikirim Curiosity selalu yang terbaru dan terunik semenjak ia menginjak ditanah Mars. Curiosity memang dilengkapi Mastcam, kamera dengan resolusi warna yang tinggi. Sehingga gambar yang diambil cukup menarik, seperti matahari terbenam.

Tak heran jika hasil tangkapnya tersebut merekam banyak batu, tapi untuk pertama kalinya Curiosity Mastcam menangkap gambar Matahari terbenam (Sunset) di Planet Merah. Gambar tersebut, terbenam di Planet Mars tersebut tampak berbeda dengan Matahari terbenam di Bumi.

Matahari terbenam yang terjadi di Mars tersebut tampak cantik dengan warna biru. Hal tersebut dikarenakan atmosfer Mars lebih tipis dan terdapat debu di dalamnya. Gambar Matahari yang terbenam diambil diantara badai debu.

Debu yang masih berada di udara itu memungkinkan peneliti untuk menganalisis distribusi vertikal debu yang berada di atmosfer Mars yang sebagaimana diberitakan lewat laman Cnet.

"Warna berasal dari debu yang sangat halus, sehingga membuat cahaya biru menembus atmosfer sedikit lebih efisien," kata anggota tim Sains Curiosity Mark Lemmon, yang merencanakan pengamatan tersebut.

Post a Comment for "Inilah Penampakan Matahari Terbenam di Planet Merah"