Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Predator Purba Kecoa Yang Dipercaya Hidup di Zaman Dinosaurus

Inilah Predator Purba Kecoa Yang Dipercaya Hidup di Zaman Dinosaurus

Pada umumnya kecoa hidup ditempat kotor, seperti di toilet atau ditempat sampah. Karena mereka hidup di lingkungan kotoran, tak heran jika manusia menganggap mereka adalah makhluk yang cukup menjijikkan.

Tetapi tidak demikian dengan jenis kecoa purba Manipulator modificaputis ini. Tentu saja sangat berbeda dan tak mungkin manusia akan punya anggapan yang sama seperti kecoa yang kita ketahui sekarang ini.

Spesies yang ditemukan terjebak di amber (resin pohon yang memfosil) itu adalah predator dan berburu pada malam hari. Kesan terhadap kecoa tersebut mungkin menakutkan. Peter Vrsansky, dari Geological Institute di Bratislava, Slowakia, dan Gunter Bechly, dari State Museum of Natural History di Stuttgart, menemukan spesies itu di Noije Bum, Myanmar.

Dalam menganalisisnya, Vrsansky mengatakan bahwa kecoa itu punya kaki yang panjangnya tak biasa dan kepala yang relatif bebas berotasi. Anggapan itu pula, dalam publikasinya di jurnal Geologica Carpathica, April 2015, Vrsansky dan Bechly menyatakan bahwa kecoa itu adalah predator, demikian dilansir New Scientist.

Para ilmuwan mengatakan, kecoa itu berasal dari masa Creatceus, sekitar 100 juta tahun lalu. Artinya, kecoa tersebut berasal dari masa dinosaurus. Namun, ukuran tubuh kecoa itu tetap terbilang kecil. Panjang tubuh kecoa yang terawetkan hanya 4,5 mm, sementara lebarnya lebih dari 2 mm.

Pada masa dinosaurus, ada banyak jenis kecoa predator. Kecoa purba predator itu terus berevolusi dan kini hanya menyisakan satu jenis turunan, yaitu belalang sembah. Belalang sembah memiliki karakteristik kaki depan seperti Manipulator modificaputis dan merupakan kerabat dekat dari kecoa.

Lewat penemuan ini, Vrsansky menyarankan revisi klasifikasi Dictyoptera, super-ordo yang mencakup bangsa termit, kecoa, dan belalang sembah.

Post a Comment for "Inilah Predator Purba Kecoa Yang Dipercaya Hidup di Zaman Dinosaurus"