Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jutaan Asteroid Bakal Tabrak Bumi, Manusia Terancam Punah

Jutaan Asteroid Bakal Tabrak Bumi, Manusia Terancam Punah

Asteroid memang senantiasa mengancam kehidupan bumi. Seperti halnya baru-baru ini yang diberitakan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat yang mendeteksi adanya ancaman serius dari benda langit asteroid yang bergerak mendekati Bumi.

Seperti yang dinyatakan direktur dari program Asteroid Grand Challange yang dibentuk oleh NASA, Jason Kessler, mengatakan benda yang diduga asteroid yang berhasil teridentifikasi tersebut, jumlahnya mencapai puluhan ribu, demikian dilansir CNN Amerika pada Senin (29/6/2015).

"Para pemburu asteroid yang tergabung dalam program Asteroid Grand Challange mengindentifikasi jumlah asteroid yang berada dekat dan semakin mendekati Bumi, totalnya mencapai 12.706 objek," jelas Jason.

Jason juga mengatakan, dari jumlah total itu sekira 1.593 objek berpotensi membahayakan Bumi dan seisinya. Artinya kemungkinannya asteroid tersebut akan menabrak Bumi.

Dilanjutkan Jason, sekira 800 asteroid lainnya yang dilacak NASA berjarak kira-kira beberapa kilometer saja dari Bumi. Beberapa diantaranya, sekira 152 asteroid, kata Jason berpotensi untuk “mengancam” eksistensi manusia di Bumi.

“Kami telah menemukan sekira 95 persen asteroid yang jaraknya dekat dengan Bumi, yang ukurannya diperkirakan hampir sama dengan asteroid yang memusnahkan dinosaurus beberapa abad silam,” ucap Jason.

Sayangnya menurut Jason, NASA hanya mengetahui satu persennya dari sejumlah asteroid tersebut yang berukuran di bawah 30 meter. Sehingga asteroid yang lebih besar lainnya diluar sana masih belum ditemukan.

Bersamaan dengan itu dunia juga tengah memperingati hari asteroid atau Asteroid Day, yang diperingati pada 30 Juni. Peringatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran manusia akan bahaya asteroid yang mengancam Bumi.

Post a Comment for "Jutaan Asteroid Bakal Tabrak Bumi, Manusia Terancam Punah"