ABSTRAK - Budaya Kreatif Sebagai Identitas Generasi Millenial
ABSTRAK
Masa milenial mengingatkan generasi
untuk berpikir tentang bagaimana strategi merespon tantangan global yang
seolah-olah terus berkelanjutan. Fenomena ini seiring dengan problema di masa
modern yang kian beragam. Sustainable
Development Goals (SDGs) yang telah menjadi titik garis finis tentu menjadi
prioritas setiap insan agar menyumbangkan segala aspek sebagai misi pencapaian
target pembangunan berkelanjutan. Keberadaan 60 juta lebih generasi muda di
Indonesia layak menjadi gugusan negara yang mampu mengaplikasikan misi dari
SDGs ini. Dibalik itu, realita mengungkapkan jauh dari paradigma kehidupan yang
semestinya melekat di negara ini. Alih-alih menjadi negara yang berpotensi
untuk memenuhi konsep SDGs, kesenjangan yang masih merajajela justru menjadi
pekerjaan rumah yang kian sulit untuk dialihkan . Mengingat akan hal tersebut,
perlu adanya generasi yang mampu bergema dalam menuntaskan hambatan demi
mewujudkan nawa cita SDGs. Generasi milenial adalah sasaran pendukung yang
harus mampu mendominasi dari proses penuntasan ini, sebab pemuda sekarang
adalah generasi yang akan menduduki masa kehidupan di titik garis finis tahun
2030. Melalui kajian baru dalam paradigma kehidupan, budaya kreatif sangat
tepat menjadi solusi alternatif untuk menjawab problematika yang tengah
berlangsung. Budaya kreatif identik dengan pribadi yang berwawasan luas dengan
konsep yang digelar adalah merubah suatu hal menjadi buah dari prinsip berkemajuan
dan kemandirian. Adapun konsepsitas yang termuat pada diri pemuda adalah
menanamkan keikutsertaan pribadi melalui pengembangan dan peningkatan kemampuan
serta bakat untuk berunjuk gigi di tengah-tengah masyarakat dengan fokus
merubah fenomena hidup ke arah modern secara mandiri. Terkait dengan 17 target
SDGs, keberadaan budaya kreatif dalam diri generasi milenial sangat solutif untuk menempuh 17 sasaran yang diusung.
Mengingat pemuda merupakan tulang punggung negara ini, tentu kelibatan tangan-tangan
muda dalam memproses rencana pencapaian target harus aktif. Budaya kreatif memungkinkan setiap pemuda
mampu ikut andil dalam menyongsong SDGs dari sisi manapun. Dengan demikian alur
dunia pembangunan yang berkelanjutan mampu melekat dan terpapar di Indonesia.
Kata Kunci: Budaya Kreatif, Milenial, SDGs
Post a Comment for "ABSTRAK - Budaya Kreatif Sebagai Identitas Generasi Millenial"