Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ABSTRAK - Budaya Kreatif Sebagai Identitas Generasi Millenial


ABSTRAK

Masa milenial mengingatkan generasi untuk berpikir tentang bagaimana strategi merespon tantangan global yang seolah-olah terus berkelanjutan. Fenomena ini seiring dengan problema di masa modern yang kian beragam. Sustainable Development Goals (SDGs) yang telah menjadi titik garis finis tentu menjadi prioritas setiap insan agar menyumbangkan segala aspek sebagai misi pencapaian target pembangunan berkelanjutan. Keberadaan 60 juta lebih generasi muda di Indonesia layak menjadi gugusan negara yang mampu mengaplikasikan misi dari SDGs ini. Dibalik itu, realita mengungkapkan jauh dari paradigma kehidupan yang semestinya melekat di negara ini. Alih-alih menjadi negara yang berpotensi untuk memenuhi konsep SDGs, kesenjangan yang masih merajajela justru menjadi pekerjaan rumah yang kian sulit untuk dialihkan . Mengingat akan hal tersebut, perlu adanya generasi yang mampu bergema dalam menuntaskan hambatan demi mewujudkan nawa cita SDGs. Generasi milenial adalah sasaran pendukung yang harus mampu mendominasi dari proses penuntasan ini, sebab pemuda sekarang adalah generasi yang akan menduduki masa kehidupan di titik garis finis tahun 2030. Melalui kajian baru dalam paradigma kehidupan, budaya kreatif sangat tepat menjadi solusi alternatif untuk menjawab problematika yang tengah berlangsung. Budaya kreatif identik dengan pribadi yang berwawasan luas dengan konsep yang digelar adalah merubah suatu hal menjadi buah dari prinsip berkemajuan dan kemandirian. Adapun konsepsitas yang termuat pada diri pemuda adalah menanamkan keikutsertaan pribadi melalui pengembangan dan peningkatan kemampuan serta bakat untuk berunjuk gigi di tengah-tengah masyarakat dengan fokus merubah fenomena hidup ke arah modern secara mandiri. Terkait dengan 17 target SDGs, keberadaan budaya kreatif dalam diri generasi milenial sangat solutif  untuk menempuh 17 sasaran yang diusung. Mengingat pemuda merupakan tulang punggung negara ini, tentu kelibatan tangan-tangan muda dalam memproses rencana pencapaian target harus aktif.  Budaya kreatif memungkinkan setiap pemuda mampu ikut andil dalam menyongsong SDGs dari sisi manapun. Dengan demikian alur dunia pembangunan yang berkelanjutan mampu melekat dan terpapar di Indonesia.


Kata Kunci: Budaya Kreatif, Milenial, SDGs

Post a Comment for "ABSTRAK - Budaya Kreatif Sebagai Identitas Generasi Millenial"